Selamat Datang di Blog Saya. Selamat Menikmati Artikel yang Saya Sungguhkan :)

Sabtu, 17 November 2012

Yuri Gagarin

YURI GAGARIN



 
Siapa yang tidak kenal dengan Yuri Gagarin? Sosoknya terkenal di seluruh dunia karena dialah manusia pertama yang mengarungi luar angkasa. Manusia pertama yang melihat sebagian besar permukaan bumi adalah air. Tanggal 12 April 1961 dengan pesawat Luar Angkasa Vostok 1, Sersan Yuri Gagarin mengelilingi bumi pada altitude 302 km (187? mil) selama 108 menit dengan kecepatan 18 ribu mil per jam. Yuri Gagarin dilahirkan 9 Maret 1934 di sebuah desa kecil bernama Klushino, sekitar 200 km sebelah barat Moskwa. Ia lahir dari keluarga petani dan memiliki 3 saudara. Perang Dunia (PD) II memaksa Yuri kecil melihat kekejaman perang yang telah meluluhlantakkan hampir separuh "jagad kecilnya".
Selama hidupnya ia tidak dapat melupakan bagaimana tentara fasis menghina penduduk desanya dan bagaimana saudara perempuan dan laki-lakinya digiring ke Jerman. Keluarga Gagarin pindah ke kota Gzhatsk yang letaknya tidak jauh dari desa asalnya. Di kota tersebut Yuri bersekolah di sekolah umum sampai kelas enam SD. Di sekolahnya Yuri tergolong anak pintar. Ia suka membaca, menggemari puisi, dan aktif dalam perkumpulan kesenian amatir. Hobinya pada dunia seni tidak menghilangkan kecintaannya pada bidang-bidang teknik.
Tidak sedikit waktu dihabiskannya untuk mengutak-atik pesawat aeromodeling kegemarannya. Saat pelajaran mengarang, ia menulis karangan berjudul "Tokoh yang Saya Kagumi", berisi tentang para penerbang dunia yang diimpikannya. Setelah menyelesaikan SD, Yuri melanjutkan studnya ke sekolah kejuruan teknik di kota Lyubertsi, yang terletak dekat Moskwa. Saat itu ia memilih jurusan teknik pengecoran. Atas nasihat orang tuanya kemudian Yuri melanjutkan pendidikannya di sekolah teknik kejuruan industri di kota Saratov. Di sekolah kejuruan teknik Saratov tersebut Yuri Gagarin bergabung dalam klub fisika.
Ketika membuat tugas tentang ilmuwan Rusia Konstantin Tsiolkovsky, seorang tokoh yang terkenal dengan ajarannya mengenai motor jet dan penerbangan antar planet, Yuri menulis bahwa hanya satu impian Tsiolkovsky yang belum terwujud yaitu manusia belum pernah berada di ruang angkasa. Yuri tidak tahu suatu saat dialah yang akan mewujudkan harapan utama Konstantin Tsiolkovsky. Di Saratov, Yuri Gagarin secara serius mempelajari masalah penerbangan, selain itu ia juga belajar di aero-klub setempat. Setelah lulus dari sekolah kejuruan teknik tahun 1955 dengan nilai yang sangat baik, Yuri mengambil keputusan menjadi seorang penerbang. Alasan itulah yang mendorongnya untuk masuk ke Sekolah Penerbangan Angkatan Udara Orenburg. Kemudian menikah dengan seorang pegawai telegraf di Orenburg bernama Valentina Goryacheva dan dikaruniai dua anak perempuan.
Setelah lulus dari Orenburg, Yuri diminta bergabung sebagai instruktur penerbang di sekolah tersebut. Tapi ia minta untuk ditempatkan di Angkatan Udara di Zapolyarye, daerah yang terletak diwilayah paling utara Uni Soviet. Setelah peluncuran satelit bumi buatan, Sputnik pada 4 Oktober 1957, para ilmuwan mulai memikirkan kemungkinan penerbangan manusia ke ruang angkasa berawak. Mendegar hal tersebut Yuri langsung mengajukan permintaan agar bisa dimasukkan dalam daftar kandidat kosmonot. Dari 20 calon kosmonot yang mengikuti latihan di Moskwa, dipilih 6 yang masuk dalam grup istimewa, salah satunya adalah Yuri Gagarin. Enam bulan berikutnya, tepatnya Januari 1961 setelah melalui berbagai ujian yang rumit, keenam penerbang tersebut diberi gelar sebagai kosmonot. Dari enam orang itu, akhirnya terpilihlah Yuri Gagarin sebagai kosmonot utama dan Herman Titov sebagai cadangan.
Kemudian tanggal 12 April 1961 pukul 09.07 waktu Moskwa dari kosmondrom Baikonur lepas landas pesawat ruang angkasa Vostok 1. Pesawat melakukan satu kali putaran melalui orbit dan jam 10.55 mendarat di padang rumput di daerah desa Smelovska, tidak jauh dari kota Saratov dekat sungai Volga. Beberapa menit sebelum pendaratan, Yuri Gagarin meninggalkan pesawat melalui kursi pelontar dan dengan menggunakan parasut mendarat ke bumi dengan selamat. Tahun-tahun berikutnya Yuri Gagarin melanjutkan aktivitasnya di proyek luar angkasa Uni Soviet, mendidik para kosmonot baru dan memimpin penerbangan pesawat ruang angkasa.
Iapun menamatkan pendidikannya di Akademi Angkatan Udara Zhukovsky dengan nilai yang sangat baik pada tahun 1968. namun sebuah peristiwa tragis menimpa Yuri. Tanggal 27 Maret 1968 Yuri tewas secara tragis dalam kecelakaan penerbangan saat melakukan latihan.
Yuri Alekseyevich Gagarin memang tiada, namun nama dan sumbangannya bagi peradaban tidak pernah dilupakan. Dunia mencatat tinta emas nama Yuri Gagarin dalam buku catatan yang selalu dibuka anak generasi, sebagai wakil manusia yang pertama menjelajah ruang angkasa. 

Sumber: Dokumen Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar