Selamat Datang di Blog Saya. Selamat Menikmati Artikel yang Saya Sungguhkan :)

Jumat, 16 November 2012

Kampung Pengasapan Ikan

     
       Pernah mencicipi ikan asap? Kalau belum, cobalah teman-teman berkunjung ke kampung pengasapan ikan. Letaknya di Desa Kaliasin, Semarang, Jawa Tengah.
             Sepintas, suasana di desa ini tak jauh berbeda dengan perkampungan nelayan biasa. Di tepi sungai, banyak perahu-perahu kecil ditambatkan. Sesekali tampak kesibukan penduduk desa. Ada yang memperbaiki perahu atau jala. Ada pula yang menyiapkan lampu petromak untuk melaut nanti malam. Di laut, lampu petromak digunakan nelayan untuk mengumpulkan ikan. Anak-anak sering bermain-main di tepi sungai. Sesekali mereka memancing dan naik perahu. Mereka juga sering bermain ke tempat pengasapan ikan di seberang sungai.
             Lihatlah, rumah-rumah pengasapan belajar di pinggir kali! Cerobong-cerobong asapnya menjulang tinggi. Kalau dilihat sekilas agak mirip rumah bercerobong khas Eropa. Tetapi perapian di dalamnya bukan digunakan untuk menghangatkan badan. Melainkan untuk mengasapi ikan! Dulu pengasapan ikan dilakukan di rumah-rumah penduduk desa. Tetapi polusi udara yang ditimbulkan sangat berbahaya. Asap yang dihirup terus-menerus dapat menggangu kesehatan penghuninya. Karena itu, pemerintah membangun rumah pengasapan di lokasi yang terpisah dari tempat tinggal penduduk.
             Di rumah-rumah pengasapan itulah para penduduk bekerja. Mereka menjemur ikan di para-para bambu. Lalu diasapi di atas tungku berisi bara sabut kelapa. Berbagai jenis ikan yang diasapi misalnya ikan manyung, ikan juwi, ikan brembeng, dan lain-lain. Ikan-ikan yang sudah diasap biasanya dijual di pasar. Namun tak jarang, pembeli datang datang langsung ke kampung tersebut. Di Semarang, ikan asap lebih dikenal sebagai ikan mangut. Soalnya ikan asap paling enak dimasak mangut, yaitu disayur dengan santan kental yang pedas. Mmm, rasanya...uenaaak tenan! Kalau teman-teman mampir ke Semarang, jangan lupa mencicipi ikan mangut khas Kota Semarang, ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar